Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resensi Buku The Natural Beauty Solution




Cantik dan Sehat Secara Alami dari Rumah

Judul               : The Natural Beauty Solution
Penulis            : Ade Aprilia
Penerbit           : Gramedia Pustaka Utama
Cetakan           : Pertama, 2019
Tebal               : 140 halaman
ISBN               : 978-602-06-2137-1

Buku ini berisi 75 tips mendapatkan cantik dan sehat secara alami sekaligus murah. Semua bahan ada di rumah dan bisa dibuat sendiri. Ade Aprilia, penulis buku ini merupakan seorang penulis gaya hidup untuk beauty, fashion, interior, serta buku serial “Every Day Make-up”.
Tubuh merupakan anugerah dari Tuhan yang harus dijaga dan dipelihara dengan sebaik-baiknya. Tubuh bagian tubuh baik itu kulit, wajah, tubuh, hingga rambut memerlukan perawatan secara tepat dan aman.
Menggunakan perawatan alami tidak hanya membantu mengontrol dana pengeluaran bulanan, namun juga memberikan ketenangan pikiran bahwa kulit tidak dikotori oleh bahan-bahan kimia yang berlebihan. Selain cara membuatnya tidak sulit, semua bahan yang digunakan tersedia di rumah, seperti kopi, teh, cokelat, gula, garam, susu, telur, kayu manis, lemon, jeruk nipis, apel cuka, baking soda, minyak kelapa, teh, kopi, , wortel, bit, minyak kelapa, minyak zaitun, lemon, jeruk nipis, papaya, tomat, nanas, daun mint, apel, mentimun, madu, yoghurt, susu, jeruk ni[pis, garam, telur, cokelatstroberry, alpukatlidah buaya, bunga mawar, telur, kayu manis, oatmeal, jahe, kunyit
Kult adalah organ yang melapisi tubuh manusia, terletak di bagian paling luar dari tubuh, dan memiliki kemanmpuan yang luar biasa untuk memperbaiki diri sendiri ketika terluka. “Kulit yang indah merepresentasikan pribadi yang sangat peduli akan kesehatannya, dan aksesori terbaik yang dimiliki oleh seorang perempuan. Ketika kulit terlihat canti bersinar, maka Anda akan merasa nyaman dengan penampilan secara keseluruhan (hlm 9).
Seorang penulis Apa yang dipaparkan oleh Ade Aprilia sangat aplikatif, siapa pun bisa menerapkannya. Mmebuat masker strobery begitu mudah. “I/4 cangkit strobery, ¼ cangkir yoghurt blender, aplikasikan pada wajah dan diamkan selama 10-15 menit. Angkat dengan air, keringkan,” (hlm 58).
Pembaca diajak untu mengenali jenis kulit masing-masing melalui sebuah kuis. Dari menjawab kuis tersebut, akan diketahui jenis kulit yang dimiliki. Ada 5 jenis kulit, yaitu oily skin, normal skin, combination skin, dry skin, dan sensitive skin. “Setelah mengenali jenis kulia Anda, lakukan perawatan yang paling sesuai dengan tipe kulit,” (hlm 16).
Pembaca diajak mengenal kandungan bahan-bahan. Ada beberapa bahan umum yang biasa ada dalam produk kosmetik, seperti acid, kojic acid, coenzyme Q10, argireline, paraben, alcohol, silicone, aqua, glycerine, arbutin, ektrak lemon, ekstrak licorice, peptide, hydroguinone, dan berbagai vitamin A,B,B3, C, D, E, F, dan K, benzoyl peroxide, algae/seaweed extract. “Penting sekali bagi kita untuk mengetahui apa saja kandungan dalam produk kosmetik yang diaplikasikan pada kulit. Kesadaran untuk tahu nama zat, macam, dan bentuknya, manfaatnya, dan bahaya suatu zat dalam kosmetik membuat kulit menjdai lebih bahagia. Karena itu biasakanlah untuk selalu membaca komposisi dari setiap produk kosmetik yang Anda beli,” (hlm 21).
Pengalaman pribadi penulis yang menemukan adanya kandungan berbahaya pada beberapa produk kosmetik yang dijual di pasaran memunculkan kesadarn untutk membuat kosmetik home made. Ia kembali mengingatkan bahaya merkuri yang menjadi momok bagi kulit. Zat yang harus benar-benar dihindari karena sangat berbahaya bagi tubuh dan efeknya yang hanya bisa hilang alam rentang waktu yang sangat lama.
Agar kosmetik yang telah dibuat tahan lama, perlu ditambahkan beberapa. Pertama, antioksidan, pengawt alami yang akan mengurangi kadar oksidasi (bau tengik). Bisa didapat dari vitamin E, rosemary oil extrack. Kedua, antimikroba untuk menghancurkan bakteri yang tidak diinginkan, misoanya saja menggunakan minyak kelapa, grapefruit seed extract. Ketiga, siapkan botol kaca dan jangan lupa beri label.
Dalam buku ini juga ad acara bagaimana menikmati alternative SPA di rumahBeberapa hal yang ada di rumah kita, bisa jadi kita belum tahu kegunaannya. MIaalnya saja baking soda, ternyata bisa untuk penyegar napas, pengelupasan sel-sel kulit mati, penenang kulit iritasi, dan bahan untuk merilekskan kaki.
Gula pasir, bai yang brown sugar maupun gula putih bisa digunakan untuk scrub. “Siapkan dua sendok makan gula dan tiga sendok makan air hangat. Biila kulit Anda kering, gantikan d=air dengan minyak zaitun. Campurkan semua bahan hingga larut, aplikaiskan pada kulit wajah,” (hlm 49).
KLemon serba guna. Mengandung vitamin C dan citric acid yang mencerahkan kulit.
Dalam buku ini juga terdapat resep bagaimana menghilangkan kantung mata, bagaimana mengatasi kulit beminya, megatasi bibir pecah-pecah hingga ketombe, mempercepat rambut agarpanjang, tips merawat warna rambut, menghilangkan komedo,
Dilengkapi dengan ilustrasi.
Penulis menutup buku ini dengan kejutan, bagaimaan membuat minyakyang disukai. “Salah satu minyak yang paling saya suka adalah cinnamon oil. BIla ingin membuat sendiri, ini yang perlu Anda siapkan: olive oil, batangan kayu manis, dan botol. Letakkan batangan-batangan kayu manis di dalam botol. Siramkan olive ke dalam botol. Tunggu selama 2 minggu hingga menyerap. Nikmati cinnamol oil buatan sendiri!” (halaman 133).
Kelebihan lain dari buku ini, pembaca dapat mendownload label cantic yang bisa ditempel di botol tempat kita menyimpan “ramuan”.
Sebah buku yang akan menginspirasi semua perempuan, terutama perempuan modern. 


Yeti Islamawati, S.S. alumni Universitas Negeri Yogyakarta. 
Peresensi Tinggal di Bantul




Yeti Islamawati, S.S.
Yeti Islamawati, S.S. Jika aku punyai "impian", maka aku akan berusaha mencari jalan untuk mewujudkannya. Dalam rentang waktu tahun 2016 hingga tahun 2020 ini, alhamdulillah, ada lebih dari seratus karya saya, termuat di media massa, antara lain Harian Analisa, Harian Bernas, Harian Bhirawa, Harian Singgalang, Kabar Madura, Kedaulatan Rakyat, Koran Jakarta, Koran Pantura, Malang Post, Padang Ekspress, Radar Cirebon, Radar Madura, Radar Sampit, Radar Surabaya, Republika, Solopos, Tribun Jateng, Web Suku Sastra, Web Pergumapi, Majalah Pewara UNY, Majalah Hadila, Majalah Auleea, Majalah Bakti, Majalah Candra, Majalah Fatwa, serta Majalah Guru.

Posting Komentar untuk "Resensi Buku The Natural Beauty Solution"