Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resensi Buku The Power of Personality Development








Judul : The Power of Personality Development
Penulis : Analisa Widyaningrum, S.Psi., M.Psi.
Penerbit : Emir Cakrawala Islam
Cetakan : I, 2017
Tebal : ix + 147 halaman
ISBN : 978-602-0935-69-0
Kiat Mengenali Passion Diri

Kepercayaan diri hanya akan tumbuh pada orang yang memahami diri sendiri dengan baik. Siapa kita, apa yang ingin kita lakukan, kontribusi apa yang ingin kita berikan kepada masyarakat, keunggulan apa yang kita miliki, serta kekurangan apa yang perlu dilengkapi. Secara singkat, mengenal diri sendiri adalah langkah awal untuk setiap hal yang ingin kita wujudkan dan lakukan.
Ada dua proses penting yang dapat dijadikan pijakan untuk berkembang lebih jauh, Keduanya adalah penemuan passion dan pemahaman atas diri kita. Passion mempunyai kekuatan untuk membangkitkan motivasi, termasuk motivasi untuk semakin mengenal diri sendiri.
Passion bisa dipahami sebagai rasa cinta dan antusiasme pada suatu bidang atau kegiatan. Adanya passion menjadi satu alasan mengapa seseorang betah berjuang atau bertahan melakukan sesuatu. Meskipun usaha atau kegiatan itu tampaknya sulit, mustahil, sangat merepotkan, atau bahkan tidak berguna, orang yang sedang bekerja sesuai passion-nya tidak merasa keberatan. Dia menikmati setiap detiknya bergulat dengan semua pekerjaan itu.
Buku ini mengulas berbagai teori pengembangan kepribadian dan tips disertai pengalaman penulisnya dalam meraih mimpinya. Memotivasi diri saat harus menghadapi situasi sulit dengan cara menenangkan diri, memelihara harapan dan optimisme, menghadirkan mood positif, dan berfokus pada tujuan. Adapun tips berkomunikasi yang baik dengan cara mencari kesamaan dengan lawan bicara, perkenalkan diri dengan tepat,  mendengarkan lebih dari sekadar mendengar, perluas pengetahuan, dan menjaga relasi . Termasuk juga memperhatikan bahasa non-verbal seperti jabat tangan, gestur antusias dan terbuka. Selain itu, Melalui buku ini kita diajak memahami, bahwa dalam hidup, akan ditemui tantangan dan kejutan. Keduanya hadir di luar rencana. Tugas manusia adalah menghadapi keduanya. Yang satu dengan sabar, yang satunya lagi dengan syukur.
Sebuah panduan komprehensif yang ditulis oleh pakar di bidangnya tentang pengembangan kepribadian. Dalam mencapai mimpi diawali dengan mengenali passion, menetapkan visi, dan tak menyerah dalam aksi.


 (Resensi tersebut pernah tayang di Kedaulatan Rakyat edisi 7 Agustus 2017)


Yeti Islamawati, S.S.
Yeti Islamawati, S.S. Jika aku punyai "impian", maka aku akan berusaha mencari jalan untuk mewujudkannya. Dalam rentang waktu tahun 2016 hingga tahun 2020 ini, alhamdulillah, ada lebih dari seratus karya saya, termuat di media massa, antara lain Harian Analisa, Harian Bernas, Harian Bhirawa, Harian Singgalang, Kabar Madura, Kedaulatan Rakyat, Koran Jakarta, Koran Pantura, Malang Post, Padang Ekspress, Radar Cirebon, Radar Madura, Radar Sampit, Radar Surabaya, Republika, Solopos, Tribun Jateng, Web Suku Sastra, Web Pergumapi, Majalah Pewara UNY, Majalah Hadila, Majalah Auleea, Majalah Bakti, Majalah Candra, Majalah Fatwa, serta Majalah Guru.

1 komentar untuk "Resensi Buku The Power of Personality Development"

  1. Selamat Sore,
    Salam kenal dari Hebros,
    Perusahaan yang bergerak dibidang IT dan Jasa Pemasangan, Penjualan dan Perawatan Camera CCTV Indooor dan Outdoor,
    Email : support@hebros.co.id
    Website : http://www.hebros.co.id

    BalasHapus