Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resensi Buku Harian Anak Cermat



Judul Buku : Buku Harian Anak Cermat
Penulis        : Naila M. Tazkiyyah
Penyunting  : M Iffan Fanani
Penerbit       : Ihsan Media
Cetakan       : 2016
Tebal Buku  : 100 hlm.


Sebuah pertanyaan menggelitik, apakah di usia anak-anak perlu diajarkan pengetahuan mengenai pengelolaan uang? Bukankah mereka masih kecil dan belum bekerja? Buku Harian Anak Cermat karya Naila M. Tazkiyyah ini akan membuka mata kita lebar-lebar bahwa ternyata sejak usia dini anak dapat diajarkan mengenai finansial.
Seperti apa wujudnya? Buku ini emang tidak terlalu tebal, tetapi isinya mengupas banyak hal seperti catatan harian uang saku selama satu tahun, 12 tips cerdas keuangan untuk anak, 5 games edukatif, cerita inspiratif tentang cerdas keuangan untuk anak, lembar target impian tahunan dan evaluasi pencapaian, serta rangkuman catatan keuangan selama setahun. Naila, dengan latar belakang pendidikan keuangan, yaitu S1 jurusan akuntansi dan profesi akuntansi Universitas Indonesia, menuliskannya dengan sangat apik. Anak-anak dengan mudah dapat mengikuti selanjutnya selangkah demi selangkah dengan mengisi kolom-kolom di lembar catatan keuangan. dalam bentuk buku harian. Melalui buku tersebut, penulis juga berusaha membangun mimpi anak-anak untuk bisa memiliki sesuatu dari hasil usaha mereka sendiri dengan cara mengelola uang saku yang mereka miliki.
Tak ada gading yang tak retak, disamping kelebihan-kelebihan yang telah dikemukakan juga tak lepas dari kekurangan. Kover buku kurang sebanding dengan isi buku yang mengupas hal-hal penting. Buku yang diperuntukkan bagi anak ini, kover dominasi warna hijau dengan gambar yang kurang mewakili dunia anak. Buku kan lebih sempurna jika desain sampulnya dibuat menarik bagi anak-anak karena toh yang akan mengisinya juga anak-anak. Selain itu, dalam buku ini bertebaran kata-kata mutiara maupun pepatah yang akan menambah kekayaan pengetahuan anak. Namun demikian, beberapa pepatah yang dicantumkan ada yang kurang menyambung dengan hal keungan.
Terlepas dari kekurangan yang ada, buku ini sebaiknya dibaca oleh orang tua dan dimiliki oleh anak usia sekolah dasar untuk selanjutnya kedua pihak bersama-saam menerapkan apa yang disampaikan dalam buku. Melalui buku ini anak akan tahu bahwa uang sakunya dapat dimanfaatkan untuk tiga hal. Pertama, untuk jajan sesuai kebutuhan bukan kemauan, kedua, untuk ditabung; dan yang ketiga untuk berbagi atau bersedekah. Semoga anak-anak kita tumbuh menjadi pribadi yang bertanggung jawab dan murah hati.






Yeti Islamawati, S.S.
Yeti Islamawati, S.S. Jika aku punyai "impian", maka aku akan berusaha mencari jalan untuk mewujudkannya. Dalam rentang waktu tahun 2016 hingga tahun 2020 ini, alhamdulillah, ada lebih dari seratus karya saya, termuat di media massa, antara lain Harian Analisa, Harian Bernas, Harian Bhirawa, Harian Singgalang, Kabar Madura, Kedaulatan Rakyat, Koran Jakarta, Koran Pantura, Malang Post, Padang Ekspress, Radar Cirebon, Radar Madura, Radar Sampit, Radar Surabaya, Republika, Solopos, Tribun Jateng, Web Suku Sastra, Web Pergumapi, Majalah Pewara UNY, Majalah Hadila, Majalah Auleea, Majalah Bakti, Majalah Candra, Majalah Fatwa, serta Majalah Guru.

Posting Komentar untuk "Resensi Buku Harian Anak Cermat"