Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resensi Buku Portofolio Anak






Judul Buku : Buku Portofolio Anak
Jenis Buku : Nonfiksi
Penulis : Andita A. Aryoko dan Choirul W. Syamsudin
Penerbit : Aryoko Indonesia
Kota Penerbit : Serang, Banten
Cetakan : I, Februari 2017
Ukuran : xx+280; 176 x 25 cm
Nomor ISBN : 978-602-60795-1-0
Harga Buku : Rp157.000




Buku Portofolio Anak karya Andita A. Aryoko dan Choirul W. Syamsudin dapat dijadian pegangan bagi orang tua, terutama ibu dalam mengasuh anak. Orang tua adalah manusia terdekat dengan anak, seyogianya setiap orang tua memerhatikan pentingnya pola pendidikan anak dengan menejamkan setiap potensi unik mereka tanda berusaha untuk menyeragamkan. Setiap anak terlahir dengan bakat dan potensi unik. Hal tesebut telah diinstal oleh Sang pencipta.

Buku ini merupakan gabungan antara teori dan praktik sehingga apa-apa yang ada dalam buku ini dapat langsung dieksekusi. Secara keseluruhan, penampakan buku ini cantik sekali. Pertama di Indonesia, buku portofolio anak full colour yang dilengkapi dengan lembar template dan software untuk mendokumentasikan keberadaan buah hati. Layout buku ini benar-benar luar biaya memanjakan mata sehingga menjadi daya tarik bagi pembacanya. Ditambah lagi, Andita menyajikan buku ini denganjelas, runtut dan gambalng. Terlepas ada beberapa kata yang luput dari ejaan dan beberapa kalimat yang diulang, buku ini tetap menarik untuk dibaca, bahkan wajib dibaca oleh para orang tua maupun calon orang tua. Buku full colour ini akan lebih lengkap lagi jika ada pembatas buku yang senada dengan sampul buku.
Buku Portofolio Anak perlu dibaca dan dimiliki sebagai bahan refleksi orangtua dalam memantau perkembangan serta memfasilitasi minat dan bakat anak, hal ini bermanfaat unutk membantu anak menemukan peran spesifik hidupnya. Agar orang tua jauh lebih mengenal anaknya, lebih memahami pola perkembangan dan pola potensi keunikan fitrah anak juga sebagai jenjang menuju personalilized curriculum
Sepeti dikemukakan dalam buku ini, “Setiap anak itu unik, maka catatlah setiap keunikan yang dimiliki anak-anak, agar ia semakin dekat dengan peran spesifik hidupnya.” Pun sebagai orang tua, tak perlu terlalu resah gelisah akan kelebihan yang dimiliki ank-anak lain. Hal yang perlu dilakukan adalah fokus pada buah hati masing-masing. Ini penting agar mereka tumbuh tanpa dititipi impian orang tuanya.

(Resensi tersebut pernah tayang di Kedaulatan Rakyat edisi 18 Maret 2017)


Yeti Islamawati, S.S.
Yeti Islamawati, S.S. Jika aku punyai "impian", maka aku akan berusaha mencari jalan untuk mewujudkannya. Dalam rentang waktu tahun 2016 hingga tahun 2020 ini, alhamdulillah, ada lebih dari seratus karya saya, termuat di media massa, antara lain Harian Analisa, Harian Bernas, Harian Bhirawa, Harian Singgalang, Kabar Madura, Kedaulatan Rakyat, Koran Jakarta, Koran Pantura, Malang Post, Padang Ekspress, Radar Cirebon, Radar Madura, Radar Sampit, Radar Surabaya, Republika, Solopos, Tribun Jateng, Web Suku Sastra, Web Pergumapi, Majalah Pewara UNY, Majalah Hadila, Majalah Auleea, Majalah Bakti, Majalah Candra, Majalah Fatwa, serta Majalah Guru.

Posting Komentar untuk "Resensi Buku Portofolio Anak"